topbella

Selasa, 27 November 2012

Pertanian Organik

PERTANIAN ORGANIK
Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya . mulai dari keaneka ragaman jenis fauna sampai dengan jenis floranya . dari sabang sampai merauke bisa dijumpai tanamantanaman tropis asli dari indonesia . tidak hanya itu, Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang kaya akan tanaman pertaniannya . sebagian besar masyarakatnya bekerja di bidang pertanian karena lahan pertanian yang cukup berlimpah. namun, dalam pengolahannya , pertanian kita masih jauh tertinggal oleh negara-negara maju dibelahan eropa dan amerika yang hanya memiliki lahan pertanian yang relatif kecil.

Dalam aspek pertanian, Indonesia seharusnya menjadi negara ekspor penghasil beras terbesar di asia tenggara. Kenyataannya, justru indonesia menjadi negara impor beras yang cukup besar . kemampuan petani-petani di hal ini tentu akan mempengaruhi nilai per kapita indonesia sebagai negara agraris. Tidak hanya itu, Berbagai masalah dalam bidang pertanian akan berpengaruh bagi penduduk di indonesia.
Pada tahun 2010, indonesia mengimpor beras sebanyak 1,33 juta ton dari berbagai negara tetangga dan hal ini tentunya akan berpengaruh kepada harga beras itu sendiri di dalam negeri . jumlah kemiskinan di indonesia akan semakin tinggi dan tidak menutup kemungkinan jika terjadi inflasi . akan semakin banyak orang yang kelaparan di indonesia dan angka kematian pun akan meningkat.
Sekarang, Lahan pertanian indonesia yang semakin sempit karena dijadikan sebagai lahan industri dan sarana hiburan terus menekan hasil pertanian kita yang semakin terpuruk. Tidak hanya itu, bencana alam akibat ulah manusia yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia menambah tekanan bagi para petani di Indonesia.
Masalah ini tentunya akan melibatkan berbagai pihak. Mulai dari pemerintah, petani, sampai generasi muda yang diharapkan mampu memberikan inovasi dan solusi bagi masalah pertanian yang ada di Indonesia.
Salah satu solusi yang sedang marak beredar sekarang ini adalah melalui pertanian organik.
Pertanian organik adalah teknik budidaya yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintesis. Tujuan utama pertanian organik ini adalah menyediakan produk-produk pertanian, terutama bahan pangan yang aman bagi para konsumen dan konsumennya tidak merusak lingkungan.
Pertanian organik adalah salah satu cara untuk membangun pertanian indonesia secara perlahan-lahan. Petani mandiri harus dapat mengolah pupuk alami yang berasal dari ternak hewan tanpa harus menunggu pupuk yang datang dari pemerintah . pupuk organik ini terbilang lebih aman karena tidak bercampur dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi para konsumen.
Oleh karena itu, diharapkan bagi para penerus bangsa khususnya melalui mahasiswa penerus bangsa yang bergerak di bidang pertanian untuk terus mengembangkannya agar rakyat indonesia menjadi makmur dan sejahtera .

0 komentar:

Poskan Komentar

About Me

Foto Saya
risna fitriyani
Lihat profil lengkapku
 
PERTANIAN© DiseƱado por: Compartidisimo